Rabu, 16 Maret 2016

Unknown II

#latepost kamis, 04-02-2016. Kadang gue iri sama mereka yang hidup bahagian sama keluarga yang harmonis. Kalo ngeliatnya enak banget, walaupun dibilang makannya cuma nasi pake gareng tapi kalo ama keluarga yang juga menyenangkan itu pasti bakalan tetep nikmat. Ahh iri banget!! Kapan bisa ngerasain kayak gitu? Lagi, syukuri sajaa.. :) keluarga gue emang masih utuh, emak ama baba masih ada. Tapi, gue merasa 'kayak' gapunya baba, sosoknya ada tapi 'kayak' ga ada. Jadi kayak anak yatim tapi bukan yatim.
Sedih sihh, kadang kalo lagi sendiri tiba-tiba inget itu langsung nangis, sampe capek dan akhirnya ketiduran. Bangun-bangun mata pada bengkak :(
 
waktu gue balita, empo dan abang gue ditelantarin gitu aja ama baba. Gue diajak pergi sama emak gatau kemana, waktu itu gue belum ngerti apa-apa, mungkin ngomong aja belum bisa pas gue udah mulai gede baru emak cerita ternyata begitulah adanya. Nyakitin bangeeett. Empo sama abang gue diasuh sama uwak (read: nenek) dari baba. Sebenernya perih banget nulis ini, nyesek, sampe akhirnya keluar juga ini air mata.
Tapi, disisi lain gue salut sama emak. Kenapa? Karena tingkat kesabarannya luar biasa banget! Beliau mau balik sama baba cuma karena demi anak-anak, akhirnya emak balik ke baba dan hasilnya ada adek gue padahal baba janji ga nelantarin anak lagi, dan alhasil itu cuma janji doang! Dia lagi-lagi kayak gitu! Pada akhirnya emak harus membiayai hidup anak-anaknya sendirian, bayangin 5 orang anak dibiayai sendiri sama emak? Makan, sekolah dll. Emak sampe rela banting tulang jadi sales kosmetik dan Asisten Rumah Tangga cuma demi anak-anaknya. Semoga Allah merahmati mu mak :') .
 
Emak pernah ngomong : ''emak emang gapunya apa-apa, emak emang gapunya warisan, emak ga bisa ngasih apa-apa buat anak-anak emak, emak cuma bisa nyekolahin anak-anak emak, biar anak-anak emak jadi anak yang pinter, dapet ilmu yang bermanfaat''. Ya Allah, berilah kasih sayang-Mu untuk emak :')
Gue sama sekali ga menyesali sikap baba yang sikapnya belum bisa berubah, mung emang belum saatnya Allah ngerubah sikap baba. Lagi-lagi, gue udah memaafkan semua kedzaliman yang baba lakuin ke gue, emak, empo, abang sama adek gue walaupun dia ga pernah minta maaf. Gue cuma bisa berdoa yang terbaik supaya baba cepet dapet hidayah&bertobat serta ngerubah semua sikap buruknya selama ini yang udah nelantarin anak-anaknya. Semoga Allah mengampuni dosa baba :')

Tidak ada komentar:

Posting Komentar